SINGKONG ITU KETELA, KETELA ITU SINGKONG HEHEHEHEH…..

Posted on October 24, 2011

0



Berikut ini saya akan mengumpulkan jenis jenis makanan yang berasal dari ketela pohon alias Singkong

1. Gethuk  singkong dibersihkan, rebus dengan air sampai empuk, tiriskan sampai dingin, kemudian ditumbuk pakai lesung dan alu sambil perlahan lahan diberi gula merah ( gula aren ). Banyaknya gula aren yang dimasukkan tergantung selera, yang jelas kalau yang namanya gula terlalu banyak rasanya juga terlalu manis, begitu sebaliknya. Ka,au sudah tercapur rata, lalu angkat dan bisa dibentuk atau dipotong potong saja. Itulah yang namanya gethuk. Kalau anda creative gethuk bisa dibikin variasi, misalnya dalam bentuk, warna maupun rasanya.
2. Gebral  sngkong dibersihkan, kemudian diserut kasar, setelah itu lalu dicampur dengan gula aren diaduk aduk. Selanjutnya tinggal dikukus menggunakan kukusan bentuk kerucut, terbuat dari bamboo sampai matang. Setelah matang dapat disajikan dengan parutan kelapa yang diberi sedikit garam, mak nyos tenan dimakan anget2 sambil ngopi.
3. Lemét  singkong setelah dibersihkan kemudian diparut halus ( pakai parutan kelapa ). Kemudian ditambahkan gula aren secukupnya, lalu dibungkus pakai daun pisang selanjutnya dikukus selama kurang lebig 45 menit. Variasi bisa dilakukan dengan mengganti gula aren dengan gula putih, lalu pakai pewarna makanan yang aman, bisa juga variasai bentuk, pakai cetakan biar bentuknya seragam dan menarik.
4. Cimplung  merupakan penganan yang berasal dari singkong. Cara memasaknya hádala sbb : estela singkong dibersihkan kemudian direbus pakai air jangan terlalu banyak. Setelah singkong agak matang, tambahkan gula merah ke dalam panci dimana singkong direbus, lalu lanjutkan merebus dengan api kecil sampai gula larut semuanya.setelah air gula sedikit susut, angkatlah cimplung dari panci, tunggu sampai sedikit dingin. Cimplung Sian disantap ditemani air teh pahit di sore hari.
5. Comro ( sunda : singkatan oncom di jero = oncom di dalam )  singkong setelah dibersihkan kemudian diparut, diberi bumbu : bawang putihm ketumbar, dan garam. setelah itu siapkan bahan pengisi berupa oncom yang diberi bumbu : garam, bawang putih, cabe, sedikit gula merah dihaluskan dan dicampur bersama oncom. Kemudian buatlah bulatan bulatan dari parutan singkong yang sudah siap, isi dengan oncom yang sudah dibumbui lalu goreng dalam minyak panas sampai warna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
6. Misro ( sunda : singkatan amis di jero = manis di dalam ) = ondol – ondol ( jawa )  sama seperti membuat comro, hanya kali ini bahan isi oncom diganti dengan gula merah. Lalu digoreng dalam minyak panas sampai kecoklatan. Camilan ini cocok dimakan di siang hari setelah bekerja keras dan suasana semilir, ditemani minuman teh atau kopi yang tidak terlalu manis.

Advertisements
Tagged:
Posted in: Uncategorized